BERITA TERKINI Th. 2011

KEGIATAN PENCALONAN  PEMILIHAN UMUM BUPATI DAN WAKIL BUPATI BATANG TAHUN 2011
               Sesuai dengan tahapanPencalonan Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati Batang Tahun 2011 pada saat ini sudah pada tahap Penyerahan dokumen bagi Calon independen ke KPU yang telah dimulai dari tanggal 7 September 2011 sampai dengan 11 September 2011. Jumlah dukungan bagi calon independen minimal diberikan sebanyak 32.396 penduduk Batang yang dibuktikan dengan dokumen kependudukan berupa  KTP dan KK serta dalam bentuk surat dukungan. Disamping itu dukungan juga harus tersebar di minimal 8 Kecamatan dari 15 Kecamatan yang ada.

___________________________________________________________________

SOSIALISASI PEMILUKADA
VIA TARLING RAMADHAN 1432H
               Mulai tanggal 3 Juli 2011, KPU Kabupaten Batang melaksanakan kegiatan sosialisasi Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Batang Tahun 2011 dalam bentuk Tarwih Keliling (Tarling) Ramadhan 1432 H
Semalam (3 Agustus 2011) Tarling Ramadhan dilaksanakan di dua tempat yaitu di masjid Al Fatah Desa Wonotunggal Kecamatan Wonotunggal dan masjid Nurul Hidayah Desa Kalangsono Kecamatan Banyuputih.
               KPU Kabupaten Batang membentuk dua tim petugas sosialisasi sebagaimana terlampir.
Sosialisasi Pemilukada berjalan gayeng melalui pendekatan sosio kultur masyarakat setempat. Tanggapan masyarakat sangat antusias karena mengharapkan informasi terkini tentang tahapan Pemilukada di Kabupaten Batang.
               Hadir dalam kegiatan Tarling Ramadhan di dua masjid tersebut; KPUD, Panwascam, Kepala Desa Wonotunggal, PPK, PPS dan PPDP
 
Jadwal Sosialisasi Pemilu Bupati & Wakil Bupati 2011
Dalam Bentuk Tarling Ramadhan 1432.H
di 15 Kecamatan Kab.Batang
No.
Hari / Tanggal
Tempat
1.
Rabu
03 Agustus 2011
Wonotunggal
Masjid Al Fatah
Desa Wonotunggal

Banyuputih
Masjid Nurul Hidayah
Desa Kalangsono
2.
Kamis
 04 Agustus 2011
Bandar
Masjid Baiturrohman
Desa Sidayu

Pecalungan
Masjid Baitul Muttaqin
Desa Pecalungan

3.
Jum’at
05 Agustus 2011
Blado
Masjid Assa’id
Desa Cokro

Kandeman
Masjid Nurul Huda
Desa Cemperang

4.
Sabtu
06 Agustus 2011
Reban
Masjid Baitul Muttaqin
Desa Sukomangli

Warungasem
Masjid Al Ikhsan
Desa Pejambon

5.
Minggu
07 Agustus 2011
Bawang
Masjid Miftahul Huda
Desa Getas

Batang
Masjid Al Hikmah Bendosari
Desa Kalisalak

6.
Senin
08 Agustus 2011
Tersono
Masjid Baitul Muttaqin
Desa Banteng

Tulis
Masjid Nurul Hidayah
Dukuh Kadiran
Desa Wringin Gintung
7.
Selasa
09 Agustus 2011
Gringsing
Masjid Al Hidayah
Desa ketanggan

Subah
Masjid Nurultaqwa
Desa Subah / Kauman

8.
Rabu
10 Agustus 2011
Limpung
Masjid Al Hidayah
Desa Sempu



___________________________________________________________________



SOSIALISASI PEMILU KADA BAGI PEMILIH PEMULA




                 Kamis, 21 Juli 2011 KPU bekerjasama dengan tiga radio (Abirawa FM, M. FM, Aro FM) mengadakan kegiatan sosialisasi pemilukada bagi pemilih pemula/ siswa-siswi SLTA.
Kegiatan dijadwalkan bergiliran di Aula Ketiga Radio di Kabupaten Batang dengan peserta siswa siwi SLTA Negeri dan Swasta Se-Kabupaten Batang.
                Kegiatan sebelumnya dilaksanakan pada hari Senin 18 Juli 2011 di Radio Abirawa FM dengan peserta dari SMAN 1 Batang, SMAN 2 Batang, SMKN Batang dengan Narasumber Ketua KPU Kab. Batang Adi Pranoto, SE.



                Sosialisasi Pemilu Kada bagi pemilih pemula mendapat tanggapan antusias dari siswa-siswi SLTA. Terbukti kemarin (Kamis 21 Juli 2011) bertempat di Aula Radio M. FM jumlah peserta membeludak sampai Aula penuh sesak. Nara Sumber dari KPU Kab. Batang yaitu Yakub Widodo, SH. M.Hum  yang dipandu oleh penyiar M. FM mbak Via dengan peserta dari SMA Bhakti Praja, SMK PGRI, SMK Bhakti Praja,SMK NU Bandar. Materi sosialisasi difokuskan pada:
  1. Tahapan, Jadwal dan Pelaksanaan Pemilukada Kab. Batang serta pemilih Pemilukada
  2. Teknis Pemberian Suara
  3. Peserta Pemilukada
  4. Hari dan Tanggal pemungutan suara
___________________________________________________________________

AUDIENSI KPU KABUPATEN BATANG - IDI/BRSUD
   
                Bertempat di ruang rapat Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Batang, ketua KPU Kab. Batang beserta Divisi Pencalonan, Kasubbag Teknis dan Pencalonan serta Kasubbag Hukum mengadakan audiensi kepada Ikatan Dokter Indonesia Kabupaten Batang yang diketuai oleh Dr. Bekti Mesti Adji. Hasil audiensi adalah kedua belah pihak sepakat bekerja sama dalam hal rencana pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh bagi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Batang.


___________________________________________________________________


SOSIALISASI PENCALONAN PEMILUKADA KABUPATEN BATANG TAHUN 2011


            Sosialisasi dilaksanakan Senin 11 Juli 2011 bertempat di Aula Ruang Rapat KPU Kab. Batang. Materi sosialisasi meliputi tahapan dan tata cara pencalonan pemilu Bupati dan Wakil Bupati Batang Tahun 2011.
             Disampaikan anggota KPU Kab. Batang divisi Pencalonan Yakub Widodo, SH, M.Hum. Dalam sosialisasi disampaikan:
1. Pasangan calon yang diusung oleh partai politik/gabungan partai politik bila memakai komposisi perolehan suara sah Pemilu 200 adalah sebagai berikut: Suara sah 368.618 x 15% akumulasi perolehan suara sah = 55.293 suara.
2. Bila memakai komposisi perolehan kursi sebagai berikut: Jumlah kursi DPRD Kab. Batang 45 kursi. 45      kursi x 15% akumulasi perolehan kursi = 6,75 dibulatkan menjadi 7 kursi.
3. Bagi pasangan calon perseorangan. Jumlah penduduk Kab. Batang x 4%. 809.897 jiwa x 4% =  32.395,88 jiwa dibulatkan menjadi 32.396 jiwa. Dukungan harus tersebar di 50% jumlah kecamatan atau  8 kecamatan.